Tags

, , , ,

Pendaftaran Ujian Masuk S2
Setelah melakukan pengambilan keputusan universitas dan jurusan mana yang mau di ambil. Maka selanjutnya aku melakukan pendaftaran untuk tes ujian masuk. Yaitu ujian masuk MM-MBA UI. Khusus ujian masuk MM-MBA UI dilakukan dalam 3 gelombang dalam 1 tahun. Ujian masuk ini dinamakan SIMAK UI. Untuk ujian masuk semester 1 dilakukan dalam 2 Gelombang dan untuk ujian masuk semester genap dilakukan dalam 1 gelombang.

Untuk mengikuti ujian masuk dilakukan pendaftaran dulu secara online di website universitas. Seorang yang melakukan pendaftaran secara online akan mendapatkan user dan password sistem pendaftaran online ini. Dalam pendaftaran online tersebut diharuskan untuk melakukan pengisian data diri, upload foto setengah badan ( berwarna ), upload scan ijazah dan transkrip nilai. Selanjutnya juga dilakukan pengisian jurusan dan fakultas yang akan diambil seandainya lulus ujian masuk. Untuk pilihan program studi ini hanya 1 program studi yang boleh dipilih.

Setelah melakukan pendaftaran online akan mendapatkan nomor ujian masuk dan jadwal ujian masuk universitas. Nomor ujian masuk ini akan ter-verifikasi begitu pendaftar melakukan pembayaran ujian masuk. Setelah pendaftar melakukan pembayaran ujian masuk, maka sistem ter-update dan pendaftar bisa men-download kartu ujian masuk dan mencetaknya.

Dengan mengikuti batasan-batasan waktu pendaftaran, jangan sampai terlambat menyelesaikan setiap prosedur. Begitu semua persayaratan pendaftaran terpenuhi, maka siaplah untuk mengikuti ujian masuk.

Berikut ini contoh jadwal kegiatan seleksi ujian masuk universitas.
Jadwal Kegiatan
• 03 Jun 2011 13:00 s.d. 25 Jun 2011
Periode pendaftaran secara online (mengisi formulir pendaftaran)
• 03 Jun 2011 s.d. 25 Jun 2011
Pembayaran biaya pendaftaran
• 03 Jun 2011 s.d. 25 Jun 2011
Periode upload dokumen persyaratan pendaftaran
• 13 Jun 2011 s.d. 25 Jun 2011
Pencetakan kartu tanda peserta ujian
• 03 Jul 2011
Ujian saringan masuk
• 24 Jul 2011 08:00
Pengumuman hasil seleksi masuk

Ujian Masuk
Ujian masuk biasanya diselenggarakan pada hari minggu mulai pukul 07.30 sampai 12.30. Dalam ujian masuk biasanya terbagi dua berupa ujian Test Potensi Akademik (TPA) dan ujian bahasa Inggris. Sebagai persiapan mengikuti ujian masuk ini bisa dengan mempelajari beberapa buku tes potensi akademik yang bisa diperoleh di toko-toko buku. Hal ini akan menambah informasi dan mengetahui karakter soal yang kemungkinana keluar dalam ujian masuk.

Setelah mengikuti ujian masuk, selang beberapa hari diinformasikan pengumuman untuk mengikuti seleksi ujian masuk lanjutan. Informasi seleksi ujian masuk lanjutan ini melalui perantara SMS. Seleksi ujian masuk lanjutan ini berupa pelaksanaan interview dan pengumpulan dokumen ijasah, transkrip dan essay untuk kebutuhan interview. Interview dan pengumpulan dokumen ini hanya diperuntukkan bagi calon mahasiswa Magister Managemen. Sedangkan untuk calon mahasiswa non-MM tidak perlu mengikuti interview.

Interview ini merupakan satu paket dengan ujian masuk ini. Sepertinya sih hampir semua calon mahasiswa yang diundang untuk mengikuti interview ini akan otomatis dinyatakan lulus seleksi ujian masuk. Interview khusus calon mahasiswa MM-MBA dilakukan dalam bahasa inggris, sedangkan non-MBA dilakukan dengan bahasa Indonesia.
Sekitar 10 hari setelah interview, akan diumumkan hasil seleksi ujian masuk ini. Informasi ini bisa diperoleh melalui informasi yang ada di akun website sistem ujian masuk. Informasi inipun bisa diakses secara mobile internet melalui handphone. Alhamdulillah Lulus seleksi dan siap-siap mengikuti prosedur pendaftaran universitas tahap lanjut. horeeeee :)

About these ads