Tags

, ,

0800 – 1700

Terlihat sebuah angka dengan ukuran besar 08 dan 17.00 terpampang di dekat pintu masuk sebuah kantor. Angka itu menandakan jam mulai kerja dan jam selesai kerja. Angka besar 08 menunjukkan jam mulai kerja di perusahaan itu dan begitupula dengan angka 17 menandakan jam selesai kerjanya. Jadi kalau dihitung-hitung total jam kerja 8 jam plus 1 jam istirahat. Jam kerja ini kadang terhitung fleksible bagi karyawan.😀

Work Time Fun

Bagaimana mengetahui karyawan sudah memenuhi jam kerja itu. Hal ini bisa diketahui dengan absensi yang dilakukan oleh karyawan itu. Absensi pun beragam. Ada yang cuma tanda tangan di daftar absensi, ada yang menggunakan mesin absensi, mesin infra merah maupun login ke dalam sistem absensi secara online.

Sistem tersebut di atas pun berlaku secara berbeda-beda sesuai dengan jenis pekerjaan karyawan. Ada yang cukup bekerja di lapangan sehingga bisa dilakukan dengan absensi finger print, ada juga yang harus menggunakan komputer dan masuk ke jaringan kantor untuk bisa memulai kerja.

Saat kubaca ulasan mengenai jam kerja dan kompensasi untuk beberapa negara berbeda. Sungguh hal menarik. Memang karyawan Eropa mendapatkan kompensasi yang jauh lebih besar dibandingkan dengan karyawan di negara lain apalagi negara berkembang.

Europe Work

Sebagai gambaran kecil. Sebuah Ipod 8 Gb, dapat diperoleh karyawan Eropa hanya dengan bekerja selama 9 jam. Sedangkan karyawan India harus bekerja sampai 20 hari kerja, banting tulang dan peras keringat untuk mendapatkan Ipod itu. Artinya bekerja sekitar 1 hari untuk karyawan Eropa dan 1 bulan untuk karyawan India. Sungguh telak. :(   (Kompas)

No rest period

Lalu bagaimana dengan jam kerja Anda, jam kerja Indonesia, jam kerja Jakarta, Medan, Jogja, Semarang, Surabaya, Balikpapan atau Makasar ?

Berapa jam Anda bekerja untuk mendapatkan sebuah Ipod 8 Gb ?? Atau tanpa bekerja sudah mendapatkan Ipod, apalagi Ipod 16 Gb ??😀😀

Ipod Nano 16 Gb