Tags

, , ,

Kuliah S2

Ketika melihat temen2 kampus melanjutkan sekolah S2 lagi ke luar negeri, terbesit keinginan dalam hati ini untuk mengikuti jejak mereka. Ada beberapa orang yang melanjutkan kuliah ke Australia, Belanda, Jepang, Thailand, Malaysia dan Singapore serta Arab Saudi. Hal itu makin memberikan dorongan motivasi untuk berusaha mencari informasi beasiswa terkait sekolah ke Negeri-negeri tersebut.

Beberapa lembaga kerjasama beasiswa luar negeri membuka pendaftaran untuk beasiswa sekolah di luar negeri. Aku pun mencoba mengumpulkan beberapa dokumen terkait beasiswa tersebut. Mulai dari batas waktu, dokumen yang diperlukan hingga pembiayaan selama sekolah di luar negeri itu. Bahkan beberapa buku karangan mahasiswa Indonesia yang sekolah di luar negeri pun aku beli. Informasi-informasi yang mereka paparkan dalam buku itu makin menarik perhatianku.

Tetapi kenyataannya aku tidak pernah mencoba untuk submit dokumen pendaftaran beasiswa sekolah luar negeri ini. Entah karena rasa malas atau pekerjaan yang sedang menumpuk telah membuat aku tak punya cukup banyak waktu. Sepertinya sich aku terlalu memikirkan semua urusanku seorang diri dan tidak pernah mencoba konsultasi dengan rekan-rekan lain. Hal inilah yang menyebabkan dorongan motivasi untuk mengurus dokumen pendaftaran beasiswa sekolah luar negeri selalu terbengkalai.

Di saat sekolah di luar negeri hanya menjadi impianku belaka. Aku mencoba opsi untuk melanjutkan sekolah S2 ku di Indonesia. Beberapa opsi kuliahnya antara lain di UI, UGM, ITB dan Prasetya Mulya. Hal ini sangat erat dengan statusku saat ini yang masih menjadi karyawan di salah satu perusahaan telekomunikasi di kota Jakarta. Dengan domisili tempat kerja dan opsi kampus yang sama akan sangat memudahkan dalam menjalani pekerjaan dan pendidikan dalam waktu yang sama. Selain itu pembiayaan sekolah juga bisa diperoleh dari hasil kerja di Indonesia.

Setelah melihat beberapa opsi kampus. Maka berikutnya adalah opsi jurusan yang mau diambil. Aku sebagai lulusan S1 Teknik Elektro. Melihat ada beberapa opsi menarik untuk diambil saat kuliah S2. Antara lain Magister Teknik Elektro, magister Teknik Informatika maupun Magister Manajemen.

Beberapa teman kerjaku banyak yang mengambil Magister Teknik Informatika (MTI ). Hal ini terkait dengan beberapa anggapan bahwa untuk beberapa tahun ke depan, keilmuan teknologi informasi akan sangat berkembang dan banyak menjadi tulang punggung beberapa entitas bisnis.

Setelah beberapa pertimbangan jurusan, kampus dan pembiayaan kuliah nanti, maka kuputuskan untuk mengambil kuliah S2 di MM UI. Dengan Jurusan MM-MBA yang merupakan perkuliahan double degree dengan antara Universitas Indonesia dan Universitas Pierre Mendez France di Grenoble, Perancis.

Semoga perkuliahan ini menjadi berkah dan membawa manfaat untuk keilmuan diri sendiri dan orang banyak.