Tags

,

Beberapa waktu lalu sehabis lebaran, kumembaca artikel menarik yang ada di salah satu surat kabar setempat yaitu Solopos. Artikel itu tentang manfaat orang bersyukur atas nikmat Alloh. Aku suka sekali dengan artikel tersebut. Makanya aku coba posting di blog ku. Silakan membaca dan semoga bermanfaat. ^^

Seorang gembel mendatangi nabi Musa.  Laki-laki miskin yang datang berpakaian compang-camping itu kemudian bertanya kepada Musa, “ Ya Musa, engkau adalah Nabi Alloh ?”

“ Ya betul,” ujar Musa.

“Kalau begitu, engkau dekat dengan Alloh. Tolong doakan aku agar menjadi orang kaya, “ ujar laki-laki itu.

Musa menjawab, “Gampang saja. Jika engkau mau kaya maka selalu bersyukurlah kepada Alloh.”

Mendengar jawaban itu, tanpa basa-basi laki-laki itu langsung berdiri dan meninggalkan Nabi Musa sembari tak henti-hentinya mengomel. “Aku tidak punya apa-apa , tapi mengapa aku disuruh bersyukur?”

Selang beberapa waktu, Nabi Musa kembali didatangi seorang tamu. Kali ini, dilihat dari penampilannya tamunya tergolong cukup kaya. Setelah mengucapkan salam, laki-laki itu masuk dan berkata. “Tolong doakan aku wahai Nabi Alloh. Aku takut, kekayaanku akan melupakan aku dari mengingat Alloh. Hartaku akan menyibukkan hingga tidak beribadah kepada Alloh. Tolong doakan aku menjadi miskin,” ungkapnya.

Musa lalu menjawab tegas perkataan tamunya, “ Kalau engkau ingin miskin maka kufurlah kepada Alloh. Jangan mensyukuri nikmat karunia kekayaan, pasti kamu akan miskin.”

“Bagaimana aku bisa kufur dan ingkar terhadap nikmat Alloh. Berjuta-juta nikmat Alloh tidak dapat aku hitung, mengapa aku disuruh kufur?”

“Kalau begitu, berpikirlah bahwa semua yang engkau dapatkan itu merupakan anugerah yang sudah diberikan Alloh. Alloh akan menambah nikmat bagi orang yang mau bersyukur dan Alloh akan memberikan adzab bagi orang yang tidak bersyukur.”

Kisah yang terjadi pada zaman Nabi Musa tersebut diceritakan kembali oleh Rosululloh kepada umatnya. Bersamaan dengan itu kemudian turunlah ayat Surat Ibrahim ayat 7. “Dan (ingatlah) juga tatkala Tuhanmu memaklumkan : Sesungguhnya jika kamu bersyukur,  pasti Kami akan menambah ( nikmat) kepadamu dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku),  maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih.”

Benar-benar menarik khan.🙂

(Sumber Solopos, 2 September 2011, Hal IX )