Tags

, ,

Pada kuliah managerial economics ini, si bapak dosen memperkenalkan aplikasi internet untuk berbagi file di internet yang namanya DropBox. Beliau menggunakan aplikasi ini untuk membagi tugas perkuliahan maupun menaruh bahan ajar. Dengan begitu kita semua bisa mengambil file dan menaruh hasil pekerjaan kita di dropbox.

Memang sih ini pertama kalinya aku menggunakan aplikasi ini. Kita bisa mengakses DropBox melalui http://www.dropbox.com. Selain itu juga ada aplikasi dropbox yang bisa di download dan diinstall di komputer kita. Komputer kita pun bisa sinkronisasi data folder dropbox dengan cepat.

Dropbox ini mirip sekali dengan data penyimpan kita di internet. Mirip dengan diskdrive di komputer kita. Saat aplikassi dropbox udah diinstall di komputer, otomatis datanya akan dengan cepat sinkronisasi dengan server dropbox saat kita koneksi internet. Seakan-akan direktori dropbox menyatu dengan komputer kita.

Cara pakainya pun cukup mudah, yaitu cukup dengan mengakses http://www.dropbox.com. Selanjutnya kita diminta untuk registerasi dengan memasukkan data diri dan alamat email kita. Begitu login dengan username email kita, maka otomatis kita akan punya kapasitas penyimpanan di dropbox.

Kita bisa create folder di dropbox, kemudian invite orang lain pengguna dropbox untuk sharing folder kita agar bisa diakses bersama-sama. Kita cukup masuk ke point file sharing dan masukkan usernama dropbox rekan kita (berupa alamat email). Otomatis notifikasi email dikirimkan ke pengguna dropbox tersebut. Jika orang yang kita invite sudah jadi pengguna dropbox, otomatis akan butuh konfirmasi untuk approval. Jika yang kita invite belum anggota pengguna dropbox, maka dia akan disarankan untuk registerasi ke dalam dropbox. Tergantung orangnya mau registrasi atau tidak.

Selama 3 minggu ini komunikasi tugas kuliah sudah melalui dropbox. Tetapi ada kejadian menarik saat tiba-tiba banyak file yang terhapus dari folder dropbox. Setelah dilihat lognya ada komputer anggota yang tiba-tiba delete file itu. Secara pemilik user itu tidak melakukan penghapusan file dengan sengaja. Mungkinkah ini sebuah bug di dropbox?? Kebetulam si pemilik user menggunakan aplikasi dropbox yang sudah diinstall di PC dan tidak menggunakan web-based dropbox.

Betulkah memang ada bug yang memungkinkan aplikasi dropbox melakukan deletion file? Bagi yang advance tentang dropbox, mohon sharingnya … Terima kasih ^_^