Tags

, , , , ,

Itulah pertanyaannya .. haha dan sejauh ini belum bisa terjawab olehku. Pertanyaannya adalah Gimana Sich memulai Bisnis ?

Tapi sebenarnya aku sudah punya tekad memulainya dan memang sudah mulai. Waktu itu aku ditawari oleh rekanku selama kuliah. “Eh ayo kita investasi bisnis? “. Jawabku ” investasi apa ya ?”. DIa bilang ada investasi tentang budidaya hasil laut.

Setelah ada paparan mengenai keuntungan yang akan diperoleh tiap bulan. Aku pun setuju .. Deal. Dengan biaya acquisition cost senilai 72,5 juta rupiah dengan investing method tiga orang. Maka aku secara pribadi mengucurkan uang senilai 24 juta rupiah dari tabunganku selama ini. Bismillah semoga berkah dan bermanfaat.

Jumlah uang yang lumayan besar. Dan harapan besar pun aku gantungkan semoga investasi ini menjadi batu loncatan untuk berkembang lebih baik lagi. Keyakinan tinggi pun tumbuh dalam diriku dan rekan-rekanku. Menilik investasi bisnis yang diakuisisi pun punya track record yang lumayan bagus.

Dan hasilnya adalahhhh … Investasi itu gagal total. Perusahaan yang menjadi pengelola dana, bangkrut .. Pemilik usaha selaku penanggung jawab utama kabur entah kemana. Dan tentunya dengan membawa uang-uang kita yang sama sekali belom memberikan hasil sama sekali.

gagal total … penjual investasi pun tidak bisa dipertanggungjawabkan .. Gimana ini. Belom sempat melangkah maju, sudah terpeleset dan bahkan terjungkal. Hwaaaaaa😦

kembali ke pertanyaan.. Gimana sich memulai bisnis? Dengan harapan sukses tentunya.