Tags

, ,

Setelah beberapa Minggu aku belajar financial accounting, tampaknya aku masih kesulitan dalam memahaminya. Memang sih financial accounting yang merupakan bagian dari ekonomi jauh sekali dengan apa yang selama ini aku pelajari yaitu engineering dan utamanya yaitu elektro.

Tetapi mencoba kembali ke financial accounting. Menurutku financial accounting ini mencoba melaporkan dan menginterprestasikan segala bentuk aktifitas keuangan sebuah perusahaan kedalam sebuah laporan standard yang bisa dimengerti oleh semua orang. Kondisi keuangan sebuah perusahaan itu digambarkan dalam bentuk balance sheet yang berisi komponen asset, liabilities dan stockholder equity.

Dari laporan keuangan yang berupa balance sheet tersebut, seseorang bisa melihat net profit maupun loss pada perusahaan, mengetahui asset yang dimiliki perusahaan, mengetahui hutang dan piutang perusahaan termasuk juga tahu jumlah stock perusahaan.

Dengan begitu kita bisa tahu sehat tidaknya sebuah perusahaan dari sisi keuangannya.

Lalu kenapa aku bingung dengan pelajaran ini?? Hiihii malu aku. Memang dalam financial accounting pasti akan menemui banyak sekali angka-angka yang tertuang dalam cash flow. Aku sangat kesulitan dalam menginterprestasikan setiap transaksi keuangan ke dalam post laporan. Inilah yang menjadi hambatanku, posting setiap transaksi ke dalam account-account yang dituangkan dalam laporan.

Tetapi meskipun begitu, aku akan tetap berusaha dalam mempelajarinya. Tidak ada yang tidak bisa dipelajari. Tetapi kumencoba agar ini bukanlah suatu beban bagiku, aku mencoba menikmatinya saja.

Enjoy learning menn … ^^