Tags

, , , , ,

Pada tahun 1953, seorang pengusaha bernama Troy Smith membuka sebuah drive-in restoran di Shawnee, Oklahoma. Saat ini, perusahaan ini dikenal sebagai Sonic Drive-In restoran dengan hampir 3.200 unit dari pantai ke pantai dan di Meksiko utara. Untuk membiayai jenis pertumbuhan bisnis itu, manajemen menyadari kebutuhan untuk menaikkan jumlah besar modal baru. Untuk melakukannya, Sonic harus “go public,” yang memungkinkan saham perusahaan yang akan diperdagangkan di pertukaran saham utama. Saat ini, Sonic memiliki hampir 57.000 pemegang saham dengan saham yang terdaftar di NASDAQ.

Sebagai bagian dari perusahaan publik yang diperdagangkan, manajer Sonic harus fokus pada sejumlah prioritas termasuk pengembangan
■ Sebuah strategi bisnis untuk memastikan jangka panjang yang menguntungkan pertumbuhan dari Sonic.
■ Sebuah rencana keuangan untuk memastikan bahwa modal tersedia untuk mendukung pertumbuhan yang direncanakan.
■ Sebuah strategi untuk memaksimalkan kekayaan pemegang saham ‘.

Kita mempelajari peranan bahwa ekuitas pemegang saham bermain dalam membangun bisnis yang sukses dan strategi yang digunakan oleh manajer untuk memaksimalkan kekayaan pemegang saham.

MEMAHAMI BISNISnya
Untuk beberapa orang, kata korporasi dan bisnis hampir identik. Anda mungkin sudah mendengar teman-teman merujuk pada karir di bidang bisnis sebagai “dunia usaha.” Penyamaan bisnis dengan perusahaan bisa dimengerti karena korporasi adalah bentuk yang dominan dari organisasi bisnis dalam hal volume operasi. Jika Anda bisa untuk menulis nama-nama dari 50 bisnis yang diketahui di selembar kertas, mungkin semua dari mereka adalah perusahaan/korporasi.

Popularitas dari bentuk perusahaan dapat dikaitkan dengan keuntungan kritis yang perusahaan memiliki lebih dari kepemilikan tunggal dan kemitraan: Mereka dapat meningkatkan jumlah besar modal karena investor baik besar dan kecil dapat dengan mudah berpartisipasi dalam kepemilikan mereka. Kemudahan partisipasi ini berhubungan dengan beberapa faktor.
■ Saham yang dapat dibeli dalam jumlah kecil. Anda bisa membeli saham tunggal saham Sonic untuk sekitar $ 20 dan menjadi salah satu pemilik perusahaan sukses ini .
■ Kepemilikan kepentingan dengan mudah dapat ditransfer melalui penjualan saham di pasar saham yang ada seperti New York Stock Exchange.
■ kepemilikan Saham menyediakan investor dengan kewajiban terbatas karena dalam kebangkrutan, kreditur memiliki klaim hanya terhadap aset korporasi tersebut, bukan aset pemilik perorangan.

Banyak orang Amerika memiliki saham baik secara langsung atau tidak langsung melalui reksa dana atau program pensiun. Kepemilikan saham menawarkan mereka kesempatan untuk mendapatkan balik modal lebih tinggi daripada yang mereka bisa investasikan pada deposito rekening bank atau investasi pada perusahaan
obligasi. Sayangnya, kepemilikan saham juga melibatkan risiko yang lebih besar. Keseimbangan yang tepat antara risiko dan balik modal yang diharapkan atas investasi suatu tergantung pada preferensi individu .

Perhatikan bahwa ekuitas bagian pemegang saham ‘dari daftar neraca keuangan menyebutkan dua sumber utama ekuitas pemegang saham:
1. kontribusi modal (contributed capital ) dari penjualan saham. Ini adalah jumlah uang yang diinvestasikan pemegang saham melalui pembelian saham.
2. Saldo laba (retained earnings) yang dihasilkan oleh kegiatan perusahaan penghasil keuntungan. Ini adalah jumlah kumulatif pendapatan bersih korporasi telah diterima dikurangi jumlah kumulatif dividen yang dibayarkan.

Sebagian besar perusahaan menghasilkan bagian signifikan ekuitas pemegang saham mereka dari saldo laba. Dalam kasus Sonic, laba ditahan mewakili sekitar 73 persen ekuitas pemegang saham total perusahaan ‘.

References :
1. Financial Accounting. Libby, Short Libby.